Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
ASSALAMUALAIKUM,Pengertian manajemen pemasaran menurut American Marketing Association adalah sebagai berikut: Manajemen Pemasaran adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian operasi pemasaran total, termasuk tujuan perumusan tujuan pemasaran, kebijakan pemasaran, program pemasaran dan strategi pemasaran, yang ditujukan untuk menciptakan pertukaran yang dapat memenuhi tujuan individu maupun organisasi
Pengertian
manajemen pemasaran menurut Philip Kotler/Armstrong (2002:14), terjemahan Wilhelmus W. Bakowatun
menyebutkan bahwa : “Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan,
pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan,
membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli
sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi”
Pengertian
manajemen pemasaran menurut Buchari Alma
(2004:130), yaitu: “ Manajemen Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan
pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dipemasaran.”
Pengertian
manajemen pemasaran menurut Lupiyo Adi
(2006:6) dikatakan bahwa : “Manajemen pemasaran adalah suatu analisis,
perencana, pelaksanaan serta kontrol program-program yang telah direncanakan
dalam hubungannya dengan pertukaran-pertukaran yang diinginkan terhadap
konsumen yang dituju untuk memperoleh keuntungan pribadi maupun bersama”.
Pengertian
manajemen pemasaran menurut Philip William J. Shultz (dalam buku Prof. Dr. H. Buchari Alma, “Manajemen
Pemasaran dan Pemasaran Jasa”, cetakan-7, 2005, p130), Manajemen pemasaran
adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran
perusahaan ataupun bagian dari perusahaan.
Pengertian
manajemen pemasaran dalam buku "Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku
Konsumen (Dharmmesta & Handoko, 1982)" adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya,
untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh
sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan.
Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen
jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan
yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
Pengertian
manajemen pemasaran menurut John W. Mullins,
Marketing management is the process of analyzing, implementing, coordinating,
and controlling programs, involving the conception, pricing, promotion, and
distributions of products, services and ideas designed to create and maintain
beneficial exchanges with target market for the purpose of achieving
organizational objectives.
Pengertian
manajemen pemasaran menurut Peter R. Dickson,
Marketing management is the many and variate organizational activities involved
in understanding what consumer want and how they behave.
Pengertian
manajemen pemasaran menurut Swastha
(1995 : 5) : penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan
program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju
dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.
Pengertian
manajemen pemasaran menurut Sofyan Assauri
(2004) Manajemen Pemasaran merupakan kegiatan menganalisis, merencanakan,
mengkoordinasikan dan mengendalikan semua kegiatan yang terkait dengan
perancangan dan peluncuran produk, pengkomunikasian, promosi dan
pendistribusian produk tersebut, rnenetapkan harga dan mentransaksikannya,
dengan tujuan agar dapat memuaskan konsumennya dan sekaligus dapat mencaapi
tujuan organisasi perusahaan jangka panjang.
Pengertian
manajemen pemasaran menurut Winardi,
mengemukakan “manajemen pemasaran adalah proses pengambilan keputusan,
perencanaan, pengawasan aspek-aspek pemasaran sesuatu perusahaan sehubungan
dengan konsep pemasaran, di dalam sistem pemasaran.”
Pengertian
manajemen pemasaran menurut William J. Stanton adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan
pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan
pasar yang dituju, dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi.
Pengertian
manajemen pemasaran dalam buku Marketing management: A strategic approach with
a global orientation (Boyd, Walker, Larreche, 1998) adalah suatu proses analisis, perencanaan,
implementasi, koordinasi dan pengendalian program pemasaran yang meliputi
kebijakan produk, harga, promosi, dan distribusi dari produk, jasa, dan ide
yang ditawarkan untuk menciptakan dan meningkatkan pertukaran manfaat dengan
pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujuan organisasi (Boyd, Walker, Larreche,
1998, p.16)SEKIAN DARI SAYA,.
WASSALAM.
Sumber:http://mp1287.blogspot.com/2012/12/pengertian-manajemen-pemasaran-menurut_16.html
Editing:http://kenikokenzo1.blogspot.com/
0 komentar:
Posting Komentar