My Name Alfen Sulamudin And Please Follow Me

Jumat, 21 Februari 2014

BLOG vs WORDPRESS

Perbedaan Blog Dengan Wordpress

  • • Perbedaan antara wordpress dan blogspot adalah blogspot memiliki satukelebihan yang dimana ia mempunyai support untuk pemasangan iklan Adsensenamun tidak dengan wordpress yang perlu melakukan beberapa langkah lebihlanjut dalam pemasangan adsensenya, bahkan blogspot menyediakan sebuahwidged khusus untuk menggunakan Adsense (note: untuk iklan yang akan tampildalam blog berbahasa indonesia adalah iklan dari PSA). Namun pertanyaannyaapakah hanya itu saja? come on itu hanya sebagian kecil saja dariperbedaanantara wordpress dan blogspot, pelajari lgi yuk,,, because it’s work for u letter^^• Di zaman berteknologi yang serba canggih seperti sekarang ini, untuk mempunyaisebuah website/Blog tidaklah sulit, banyak cara instant untuk memulai membuatsuatu website/Blog, baik anda bisa mengunakan software-software gratisan yangbisa Anda download melalui internetini, sepertiBlogger, WordPress dan Joomla, ataupun menggunakan jasa pembuatblog(note: klo yang ini bayarannya cukup besar).• Dari beberapa software instant di atas, tentunya akan ada perbedaan yangmenjadikan kita(user) untuk menimbang dan memilih software/layanan manayang tepat kita gunakan untuk membuat sebuah web/blog, nah maka dari itu marikita simak perbedaan-perbedaan antara Blogger dan WordPress secara umum. 

  • Perbedaan wordpress dengan blogspot• WordPress dapat mengimport sebuah/banyak postinganyang ada/tertanam blog yang menggunakan engineBlogspot, namun sebaliknya blogspot tidah dapatmengimport postingan yang ada pada WordPress.• Secara khusus jika anda membuat blog dengan selfhostmaka Kamu akan mendapatkan bahwa software WordPresstelah tersedia dan siap di install di cpanel Kamu. Sedangkanblogspot tidak tersedia disana.• WordPress menyediakan plugin-plugin yang memudahkanpenggunanya untuk mengoptimalisasikan blog wordpressyang dimilikinya.• Halaman dasbor wordpress lebih easy eye cacth dibandingdengan blogspot. 
 
  • Perbedaan blogspot dengan wordpress• Untuk custom domain atau domain berbayar, Blogspot pasti lebihunggul dari segi biaya, karena tanpa harus membeli pakethosting, pengguna Blogspot dapat melakukan custom domaindengan tetap menggunakan Blogspot sebagai mediaservernya(amazing kan^^). Sedangkan WordPress, kita wajibmembeli paket hosting + domain.• Fitur di blogspot lebih user friendly, contohnya seperti fitur edittheme yang berfungsi untuk memudahkan user untuk mengedittemplate dari web blogspot tersebut.• Blogspot memberikan full access untuk penggunaannya meskipunKamu menggunakannya secara cuma-cuma atau geratis, sedangkanwordpress harus bayar terlebih dahulu untuk mendapatkan itusemua.• Blogspot lebih cocok bagi pemula yang ingin membuat blog secaragratis namun ingin memiliki kuasa penuh atas blognya dan jugaingin mencoba bermain adsense. 
 
  • 10 Keunggulan Blogspot / Blogger• 1. User friendlyblogspot memiliki fitur yang paling mudah di gunakan terutama untuk pemula.2. SEO friendlywalaupun hampir semua orang mengatakan wordpress lebih seo friendly. Namun blogger jugasudah seo friendly tanpa kita membuat perubahan pun.Jadi masih sangat sesuai buat bloggerpemula yang belum mengerti bahasa pemrograman3. Aman dan jarang eror• Blogspot memiliki fasilitas unimited bandwidth yang artinya berapapunjumlah pengunjung yangmengunjungi blog, kita akan aman-aman saja tidak akan di pusingkan dengan tagihan ataupageload yang menuun kecepatannya. Namun ini akan lain jika kita mengunakan domain danhosting sendiri, biasanyamenjadi masalah serius (crash) saat kuata bandwidth blog kita habis.kalau dipikir pikir kayaknya memakai blogspot akan aman-aman saja,karena blogspot di miliki olehgoogle. Sebagai portal terbesar dunia kayaknya google bakal selalu memberi kualitas yang terbaikkepada pengguna, jadi tak perlu kawatir.4. Kemudahan posting• blogger menyediakan fasilitas posting yang mudah baik secara langsung,lewat e mail ataupun yangterbaru lewat sms•5. Bisa megunakan javascrib• Yang ini nih penting bagi kita-kita yang pengin nyari uang tambahan didunia maya alias internet. 
 
  • •6. Kode HTML/source code-nya Terbuka• Dengan demikian kita lebih leluasa untuk memodifikasi tampilan blog sesuka hati.•7. Pilihan Template bermacam-macam• Koleksi template ada banyak pilihan, dimana kita bisa langsung pakai dan bisa pula memodifikasinya sendiri tanpaharus mempelajari HTML, Blogger/ blogspot juga mengizinkan pengeditan kode HTML blog kapanpun.•8. Warna dan font kustom yang bervariasi• Kita bisa dengan leluasa mengkustomisasi template yang telah kita ambil secara Cuma-Cuma di koleksinyablogger, kita bisa menganti warna dan huruf sesuai dengan keinginan kita.•9. Seret dan jatuhkan elemen laman• Dengan Sistem sederhana seret dan jatuhkan ini mempermudah kita untuk meletakan komponen halaman sepertiposting, profil, arsip dan bagian lainnya sesuai keinginan dan kebutuhan kita.•10. Bisa ditukar ke domain sendiri• Kita bisa menukar dari domainmu.Blogspot.com ke domainmu.Com kapan saja, cukup dengan beberapa settinganringan. Jika nanti kita memutuskan untuk mengubah alamat domain, Anda tidak perlu kawatir akan kehilanganpelanggan atau pengunjung situs anda sebelumnya, sebab visitor yang mengunjungi url lama secara otomatisakan di redirect ke domain baru kita. Dengan fasilitas ini, kita hanya perlu membayar nama domainsaja, sedangkan untuk biaya hosting adalah gratis (ditanggung Blogger). Kalo kang salman sendiri belum kepikiranberganti domain, soalnya masih cinta dengan domain blogspot.com 
 
  • KEKURANGAN BLOGGER1. Tampilan dashbor sangat sederhana2. Template bawaan sangat sedikit3. Tidak ada tombol reply bawaan pada komentar(sehingga harus edit CSS atau HTML)4. Tidak ada tags (keyword) (Sehingga harusmenambahkannya pada HTML atau CSS)5. Dibuka di Hp terkadang sulit 
 
  • KEUNGGULAN WORDPRESS• 1. Bersifat bebas ( free/gratis ) karena dilisensikan di bawah lisensi GPL(GNU Public Licence).2. Dapat digunakan secara offline ( tanpa konrksi internet ) menggunakanweb server yang di instal secara lokal.3. Dapat di instal pada web hosting yang mendukung penggunaa PHP danMySQL. Versi PHP yang digunakan minimal adalah versi 4.2 dan versiMySQL minimal adalah 3.23.x.4. Mudah dikustomisasi.5. Meneyediakan banyak theme dan plugin.6. Mendukung proses pembuatan kategori dan subkategori yang tidakterbatas.7. Dapat melakukan sindikasi otomatis dengan bantuan RSS dan Atom.8. Menggunakan interface XML ROC (Remote Procedure Call) untukproses trackback dan remote posting.9. Dapat diintegrasikan dengan posting melalui email.10. Support terhadap plugin dan theme (pengaturan skin pada blog). 
 
  • 11. Mempunyai kemampuan untuk mengimpor data dariMovableType, TextPattern, grayMetter, b2evolution dan Blogger yang merupakan kelebihan utamaWordPress. Pemakai WordPress juga dapat membuckup semua posting untuk kepentingan keamanan danmenguploadnya kembali secara mudah.12. Mendukung dokumen dengan berbagai jenis ekstansi dan mempunyai API (Application ProgramInterface) untuk meningkatkan kemapuan WordPress.13. Sangat mudah untuk melakukan proses administrasi dan perawatan tanpa harus memiliki pengalamandalam nge-Blog.14. Fasilitas searching yang nyaman.15. Proses publish konten secara instan.16. Mendukung multi bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.17. Mempunyai susunan panel administrasi yang terbaik dengan segudang fiturnya.18. Link manager untuk mempermudah proses pembuatan link dengan blog atau situs lain. 
 
  • KELEMAHAN WORDPRESSPertama: Tidak bisa mengatur halaman hostingKarena wordpress.com adalah blog gratisan yang sudah menyediakan layananhosting yang juga gratis, maka anda tidak bisa mengakses panel hostingnya.Bagaimana penagaturan dan sistem databasenya tidak akan bisa anda lihat apalagipelajari. Jika anda ingin membuat script PHP sendiri untuk membuat form-formtertentu, jelas tidak bisa. Misalnya menjadikan blog anda sebagai blog forum, situsmember, dan sejenisnya tidak bisa. Singkatnya, keleluasaan anda untukmengoptimalkan blog seperti blog wordpress yang menggunakan hosting sendiriyang berbayar tidak akan bisa.Kedua: Konten atau blog tidak mutlak milik sendiriKarena hostingnya bukan milik anda, maka semua konten dan status kepemilikanblog anda hanya bersifat semu, sama dengan engine blog-blog gratisan lainnya(blogger.com dan multiply misalnya). Anda sebenarnya hanya sebagai pengguna.Bukan pemilik mutlak atas blog anda. Karena jika sewaktu-waktu ada kebijakandari pihak wordpress.com, misalnya menghapus konten blog anda, atau meniadakanlayanan blog gratisan mereka, maka anda tidak bisa berbuat apa-apa, meskipunsejauh ini hal itu belum terjadi. Berbeda dengan jika anda menggunakan blogwordpress dengan hosting sendiri, dimana andalah pemilik dan penguasa mutlakatas blog anda sendiri. 
 
  • Ketiga: Tidak leluasa untuk menata tampilan blogHalaman CSS (cascading style sheet) adalah halaman yang sangat penting untuk mengatur script HTML untukmenata tampilan blog. Dengan CSS itulah kita akan leluasa untuk mengutak-atiknya. Tapi pada wordpress.comfasilitas ini tidak disediakan secara gratis. Anda baru bisa menggunakannya dengan membayar. Sedangkan fiturtemplate untuk mengatur tampilan sangat terbatas. Hanya template-template tertentu dari pihak ketiga yang sudahmenyediakan fiturnya. Dan biasanya hanya bisa mengganti header dan sidebar. Setidaknya itulah yang saya ketahuiberdasarkan pengalaman saya pribadi.Keempat: Tidak bisa menggunakan pluginPlugin wordpress adalah sejenis aplikasi tampahan yang sangat berguna untuk mengoptimalkan fungsi blogwordpress. Dan jumlahnya sangat banyak, sudah mencapai belasan ribu saat saya menulis postingan ini. Tapi tidaktersedia untuk blog yang menggunakan blog wordpress.com. Kecuali jika anda menggunakan blog wordpress yangmenggunakan hosting sendiri (berbayar) baru bisa menggunakan semua plugin tersebut.Kelima: Tidak menerima script iklan bisnis google adsenseSudah lazim dalam dunia blogging bahwa banyak blogger akhirnya menjadikan blog sebagai mesin bisnis. Baikblog gratisan apalagi yang berbayar. Dan kebanyakan bisnis internet dengan blog biasanya menggunakan bisnismelalui iklan. Nah, salah satu bisnis iklan (PPC = Pay Par Klik) yang paling popular di dunia adalah bisnis Googleadsense, dimana untuk menampilkan iklannya harus menggunakan script atau bahasa kode. Tapi hingga tulisan inisaya luncurkan, setahu saya wordpress.com tidak bisa menerimannya. Begitu juga dengan script-script iklantertentu. Berbeda dengan blogger.com yang memang milik google justru langsung built in untuk bisnis googleadsense. 
Sumber : http://www.slideshare.net/DestriMuliastri/perbedaan-blogspot-dan-wordpress

0 komentar:

Posting Komentar